Iklan

Nasional

Upacara Mendak Ida Bhatara Pura Pucak Padang Dawa, Sinergi Pengamanan Bhabinkamtibmas, Babinsa Dan Pecalang

Tatag Gianyar
Rabu, 09 Oktober 2024, Oktober 09, 2024 WIB Last Updated 2024-10-10T03:13:40Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Polda Bali - Polres Gianyar - Polsek Ubud, Aiptu I Made Widastra  selaku Bhabinkamtibmas Desa Singakerta, Polsek Ubud melaksanakan pengawalan dan pengamanan Prosesi Iring-iringan Pengiring Ida Bhatara Tapakan Pura Luhur Pucak Padang Dawa menuju Pura Puseh Kengetan merupakan rangkaian upacara Melancaran (Ngider Bhuana) ida bhatara Tapakan Pura Luhur Pucak Padang Dawa, yang sebelumnya beristirahat di Pura Dalem Desa Adat Kutaraga Badung. Rabu (09/10/24).


Kegiatan rutinitas ini di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Singakerta di desa binaannya dengan senantiasa membantu mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat di Desa binaan dan hadir di tengah-tengah masyarakat baik dalam kegiatan formal maupun kegiatan adat. Dengan route yang dilalui dari Pura Dalem Kutaraga Badung dengan berjalan kaki melalui Semana, Demayu, Banjar Tunon, Banjar Samu Singapadu Kaler, Selanjutnya iring-iringan menuju Pura Puseh Kengetan Singakerta.


Dalam pelaksanaan pengamanan dan pemantauan Upacara keagamaan yang diiringi oleh Pengiring dari pengempon pura Luhur Pucak Padang Dawa dan masyarakat Desa Adat Kengetan berjalan beriring-iringan. Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa dan Pecalang dalam kegiatan ini sekaligus membantu mengatur arus lalin agar pelaksanaan kegiatan adat dapat berjalan lancar.


Saat di konfirmasi di tempat terpisah Kapolres Gianyar AKBP Umar, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa “Seorang Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri di tingkat Polsek, maka dari itu Bhabinkamtibmas Saya harapkan agar selalu hadir di tengah tengah masyarakat dalam kegiatan apa pun yang ada di wilayah desa binaannya, baik itu dalam kegiatan yang bersifat resmi, atau pun kegiatan keagamaan, sehingga dapat terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, di samping itu juga hal tersebut saya harapkan dapat lebih mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dengan Polri” Ucap Kapolres. (dastro)

Komentar

Tampilkan

Terkini