Iklan

Nasional

Sebulan Tujuh Hari Jabat Plt Klungkung, Made Kasta Tuntaskan Meru Miring di Pura Watu Klotok

Tatag Gianyar
Rabu, 23 Oktober 2024, Oktober 23, 2024 WIB Last Updated 2024-10-23T10:37:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


KLUNGKUNG - Komitmen dan keberpihakan Made Kasta, Calon Bupati Klungkung terhadap rakyat yang susah serta infrastruktur pembangunan sudah terbukti dan teruji. 

Selama 10 tahun menjabat sebagai Wakil Bupati Klungkung dan satu bulan tujuh hari sebagai Plt Bupati Klungkung, Made kasta telah menyelesaikan berbagai kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masyarakat dan umat setempat. 


Selain menyelesaikan pemasangan air dari Kaleman ke Jurangbatu Nusa Penida, Made Kasta juga menyelesaikan masalah meru yang miring di Pura Watu Klotok.


Apa yang dilakukan Made Kasta dengan menyelesaikan meru yang miring di Watu Klotok menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan melestarikan situs-situs budaya dan spiritual di daerah tersebut.

 

Melalui koordinasi dengan dinas terkait dan masyarakat, Made Kasta mengedepankan prinsip transparansi dan partisipasi publik.


"Saya waktu itu, mengajak warga terlibat dalam proses perbaikan, sehingga menciptakan rasa memiliki bersama terhadap warisan budaya ini,” kata Made Kasta saat ditemui di kediaman, Rabu, 23 Oktober  2024.


Made Kasta yang berpasangan Ketut Gunaksa sebagai Calon Wakil Bupati Klungkung ini menambahkan, dengan menyelsaikan meru yang miring ini tidak hanya memberikan rasa tenang bagi masyarakat dan pengunjung pura, tetapi juga memperkuat hubungan sosial di antara warga.


Keberhasilan ini menjadi langkah awal bagi Made Kasta untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik dan menjaga nilai-nilai budaya yang ada di Klungkung. 


"Dengan fokus pada pelestarian budaya, diharapkan kedepannya akan ada lebih banyak inisiatif untuk melestarikan warisan lokal demi generasi mendatang," paparnya.


Tuntaskan Banjir Tahunan di Banjar Karang Dadi


Sementara, menanggapi banjir tahunan di Banjar Karang Dadi, Kusamba, yang menjadi masalah klasik yang tak kunjung selesai, Made Kasta berjanji bila rakyat memberi amanah memimpin Klungkung akan diselesaikan secepatnya. 


Dalam simakrama yang digelar Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta dan Ketut Gunaksa  Selasa, 22 Oktober  2024, warga kembali menyuarakan kekhawatiran mereka terkait banjir yang rutin melanda wilayah tersebut.


Warga di wilayah ini mengeluhkan banjir yang datang setiap musim hujan, meskipun upaya penanganan telah dilakukan, masalah ini masih belum sepenuhnya teratasi.


"Setiap tahun, kami harus menghadapi banjir yang semakin mengkhawatirkan jika tidak ditangani dengan serius," kata salah satu tokoh masyarakat Banjar Karang Dadi Kusamba.


Made Kasta, yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Klungkung selama dua periode, mengakui dirinya telah berusaha untuk mengatasi masalah tersebut. 

Namun, keterbatasan wewenang saat itu, langkah-langkah yang diambil belum sepenuhnya memberikan hasil yang optimal.


"Sebagai Wakil Bupati, wewenang penuh ada di tangan Bupati, sehingga upaya yang saya lakukan terbatas. Meski begitu, saya tetap berusaha maksimal, dan masalah banjir ini menjadi prioritas utama untuk ditangani secara serius," ungkapnya.


Made Kasta juga  menegaskan, jika terpilih sebagai Bupati Klungkung bersama Ketut Gunaksa, mereka akan memastikan pemerintah daerah memberikan solusi terbaik untuk mengatasi banjir yang menjadi keresahan warga selama bertahun-tahun. 


Menurutnya, masalah ini tidak hanya membutuhkan intervensi pemerintah, tetapi juga sinergi dengan masyarakat setempat.


"Kami berkomitmen untuk memfasilitasi penyelesaian masalah banjir ini, dengan pendekatan yang mengutamakan pelayanan masyarakat dan memastikan mereka tidak lagi mengalami kesulitan yang sama," lanjutnya.


Pasangan ASTAGUNA mengusung visi misi PESAJA (Prema Santi Jagadhita) yang berarti cinta kasih, kedamaian, dan kebahagiaan bagi semua. 


Melalui visi tersebut, mereka bertekad untuk membawa perubahan nyata di Klungkung, terutama dalam menghadapi berbagai persoalan masyarakat, mulai dari infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan, hingga kesejahteraan sosial dan pendidikan. 


"Jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) memadai, kami akan memprioritaskan pembangunan sistem drainase yang efektif untuk mengatasi banjir tahunan di Kusamba," kata Made Kasta. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini