Iklan

Nasional

Lapas Kerobokan Menjadi Inspirasi Pengembangan Infrastruktur Pemasyarakatan

Nugroho Tatag Yuwono
Sabtu, 19 Oktober 2024, Oktober 19, 2024 WIB Last Updated 2024-10-20T08:16:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Badung -Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan menerima kunjungan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait Pola Bangunan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, dengan fokus utama mempelajari dan menganalisa pola bangunan yang diterapkan pada Lapas Kerobokan sebagai salah satu model UPT Pemasyarakatan yang dianggap berhasil.


Kalapas Kerobokan menyambut langsung kedatangan rombongan sekaligus menjelaskan tentang desain dan tata letak bangunan yang mendukung efisiensi operasional dan keamanan. Kegiatan ini juga membahas standarisasi pola bangunan pada UPT Pemasyarakatan yang dapat diadopsi oleh Lapas lain. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pembinaan dengan tetap mempertimbangkan faktor keamanan.


Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kerobokan, RM. Kristyo Nugroho, menyambut positif kegiatan ini. "Kami senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pola bangunan yang kami terapkan di Lapas Kerobokan. Harapan kami, hal ini dapat menjadi inspirasi bagi UPT Pemasyarakatan lain dalam meningkatkan kualitas layanan bagi warga binaan", ungkap Kalapas.


Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali, Pramella Y Pasaribu, turut memberikan apresiasinya. " Pola bangunan yang diterapkan di Lapas Kerobokan tidak hanya memperhatikan aspek keamanan, tetapi juga mempertimbangkan kenyamanan warga binaan dan efektivitas program pembinaan. Ini merupakan pendekatan holistik yang patut dijadikan acuan dalam pengembangan infrastruktur Pemasyarakatan di seluruh Indonesia", tutup Kakanwil. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini