Iklan

Nasional

Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Gelar Sambang dan Cooling System, Wujudkan Pilkada Sejuk, Damai dan Kondusif

Tatag Gianyar
Minggu, 06 Oktober 2024, Oktober 06, 2024 WIB Last Updated 2024-10-07T06:21:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Polda Bali - Polres Gianyar - Polsek Ubud, Dalam rangka mendukung terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gianyar yang Sejuk, damai, dan Kondusif, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Polsek Ubud Aiptu I Made Widastra secara intensif menggelar kegiatan sambang dan cooling system di berbagai wilayah. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah patroli dialogis dan kunjungan langsung ke masyarakat untuk menciptakan suasana kondusif menjelang Pilkada.


Pada hari Senin tanggal 07/10/2024), pukul 09.00 Wita. Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra, melaksanakan kegiatan sambang di Kantor Desa Singakerta, Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi cooling system yang disiasati Polres Gianyar guna meredam potensi konflik serta menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada berlangsung.


Sasaran dan Rute Patroli difokuskan di Kantor Desa dan sekitarnya. Lokasi ini dipilih mengingat pentingnya peran perangkat Desa dalam mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Khusus dilingkungan Desa.


Rangkaian Kegiatan Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Widastra melakukan pendekatan persuasif dengan para perangkat desa (kepala Kewilayahan) dan staf desa, mengajak mereka untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga situasi kamtibmas. Ia juga mengimbau agar pihak desa meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian dan gangguan keamanan lainnya.


Selain itu, Bhabinkamtibmas Singakerta menghimbau agar setiap gangguan keamanan sekecil apapun segera dilaporkan kepada pihak kepolisian, guna memastikan Pilkada berlangsung dengan sejuk, damai dan kondusif.


Hasil dan Respons Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari perangkat desa Singakerta yang menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam menjaga situasi yang sejuk, damai dan kondusif. Mereka berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan jika terdapat indikasi gangguan kamtibmas di Desa Singakerta.


Kami siap mendukung penuh upaya menjaga keamanan di Desa Singakerta, khususnya menjelang Pilkada, agar tercipta suasana damai dan tertib," ungkap Sekretaris Desa Singakerta I Made Sutama.


Kegiatan sambang ini berakhir pada pukul 10.30 Wita dan berjalan dengan lancar, tanpa adanya hambatan. Upaya Menciptakan Pemilu yang Sejuk Kegiatan sambang dan cooling system yang dilaksanakan oleh Polres Gianyar ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada. Patroli dialogis, penggalangan terhadap tokoh masyarakat, dan kegiatan preventif lainnya terus dilakukan secara intensif di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.


 Kapolsek Ubud Kompol Gusti Nyoman Sudarsana, S.St., menegaskan bahwa langkah-langkah ini bertujuan untuk meredam potensi konflik serta menjaga semangat demokrasi yang sehat, sehingga Pilkada dapat berjalan dengan damai, sejuk dan Kondusif. Ujarnya Kompol Sudarsana.

 

Dengan pendekatan ini, diharapkan masyarakat semakin terlibat aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus mencegah segala bentuk provokasi yang dapat mengganggu kelancaran proses pemilihan. Polres Gianyar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan serta dalam mewujudkan Pilkada yang sejuk, damai dan kondusif. (dastro)

Komentar

Tampilkan

Terkini