Iklan

Nasional

Kapolres Tabanan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Agung 2024

blogger bali
Minggu, 14 Juli 2024, Juli 14, 2024 WIB Last Updated 2024-07-15T03:20:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Senin ( 15/7/2024 ) pukul 09.00 s/d 09.30 wita bertempat di Lapangan apel Mapolres Tabanan telah berlangsung giat Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Agung 2024, yang dipimpin oleh Kapolres Tabanan, AKBP Chandra Citra Kesuma, S.I.K., M.H.


Hadir dalam kegiatan apel pasukan Ops Patuh Agung 2024 antara lain, Dandim 1619 Tabanan, Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P, Wakapolres Tabanan, PJU Polres Tabanan, Kapolsek Jajaran Polres Tabanan dan Anggota tersprint Ops Patuh Agung 2024


Adapun susunan Pasukan terdiri dari, 1 Pleton Kodim 1619 Tabanan, 5 Pleton Pers yang tersprint Ops Patuh Agung 2024, 1 Pleton Dishub dan Jasa Raharja Kab. Tabanan dan 1 Pleton ASN Polres Tabanan


Amanat Kapolres Tabanan membacakan amanat Kapolda Bali pada intinya menyampaikan, bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan masyarakat yang semakin dinamis, tantangan dan permasalahan di bidang lalu lintas juga turut mengalami revolusi, Permasalahan klasik lalu lintas seperti pelanggaran, kemacetan, hingga kecelakaan lalu lintas kini cenderung semakin sering terjadi khususnya di wilayah Bali. Menurut data yang dihimpun oleh Ditlantas Polda Bali, sepanjang tahun 2023 telah terjadi sebanyak 7.466 kali kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 655 orang. 


Angka ini mengalami peningkatan cukup signifikan hampir dua kali lipat dari jumlah angka lakalantas yang terjadi pada tahun 2022 sebanyak 3.692 kejadian, yang mengakibatkan korban jiwa sebanyak 508 orang. Peningkatan jumlah lakalantas yang terjadi sangat berkorelasi dengan peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas selama dua tahun terkahir, Selama tahun 2023 terjadi sebanyak 177.425 kali pelanggaran, Jumlah ini meningkat sebesar 22% dari jumlah pelanggaran tahun 2022 sebanyak 144.841 kali pelanggaran.


Sebagai pengemban fungsi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Polri terus berupaya untuk mengembangkan Program Road Safety Policing Menuju Society 5.0. Program ini secara konsisten terus kami laksanakan di wilayah Bali untuk mengurangi angka lakalantas serta mewujudkan masyarakat bali yang memiliki budaya disiplin dan tertib berlalu lintas. 


Untuk mewujudkan program tersebut Polda Bali telah melakukan berbagai upaya seperti kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pelajar, kegiatan pengaturan lalu lintas dan patroli rutin, hingga melakukan penegakan hukum melalui teknologi E-TLE yang telah dikembangkan di seluruh wilayah Bali.


Operasi kali ini mengedepankan fungsi lalu lintas yang dilaksanakan secara simpatik, persuasif dan humanis, serta turut di dukung oleh kegiatan penegakkan hukum lalu lintas dengan menggunakan E-TLE atau Tilang Elektronik Mobile atau Statis.


Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 15 – 28 juli 2023. Jumlah personel yang akan dilibatkan sebanyak 1.088 orang yang terdiri dari 263 pers Polda Bali dan 825 Pers Polres/Ta jajaran Polda Bali. Target yang menjadi sasaran prioritas dalam Operasi Patuh Agung kali ini diantaranya yaitu mengemudikan kendaraan sambil menggunakan HP, tidak menggunakan Helm SNI maupun sabuk pengamanan, menerobos lampu merah, berkendara dengan kecepatan tinggi, melawan arus, hingga wisatawan manca negara maupun domestik yang melakukan pelangggaran lalu lintas.


Dengan mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas”, Operasi Patuh Agung tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan displin masyarakat dalam berlalu lintas, mengurangi kemacetan, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir angka fatalitas korban lakalantas. 


Sebelum mengakhiri amanat ini ada beberapa penekanan yang ingin saya sampaikan diantaranya yaitu :

1. Awali setiap kegiatan dengan doa. Padal agar memberikan APP kepada anggota secara jelas dan tegas mengenai tugas dan sasaran operasi yang akan dilaksanakan.


2. Saat ini kita berada pada Era Citizen Journalism oleh karena itu saya minta agar kegiatan operasi dilaksanakan dengan baik sesuai SOP dan rencana operasi, Utamakan tindakan persuasif, humanis dan edukatif kepada masyarakat.


3. Jangan pernah melakukan pungli apapun bentuknya.


4. Penegakan hukum adalah upaya terakhir dan dilakukan melalui E-TLE secara tegas dan bertanggung jawab.


5. Berikan contoh dan teladan kepada masyarakat, Sebelum kita menegakkan peraturan, terlebih dahulu kita harus melaksanakan peraturan tersebut.


6. Jalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan instansi terkait yang terlibat Operasi Patuh Agung-2024.


7. Manfaatkan media cetak, elektronik maupun media sosial untuk menyebarkan informasi tentang Operasi Patuh Agung- 2024 maupun himbauan atau pesan keselamatan berlalu lintas.


8. Padal atau yang diseniorkan agar terus memberikan pengawasan melekat kepada anggota yang bertugas di lapangan.


9. Laporkan setiap pelaksanaan kegiatan secara berjenjang dan melalui sistem pelaporan yang telah ditentukan.


10. Jaga kesehatan dan keselamatan pribadi dalam melaksakan tugas.


Upacara selesai dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan untuk mendukung Ops Patuh Agung 2024.


( Humas Polres Tabanan )

Komentar

Tampilkan

Terkini