Iklan

Nasional

Pelantikan Polisi Banjar, Kapolres Klungkung Hadiri Kegiatan Di Lapangan Margarana Renon

Tatag Gianyar
Kamis, 10 Agustus 2023, Agustus 10, 2023 WIB Last Updated 2023-08-11T06:59:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Klungkung-Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta menghadiri acara pelantikan Polisi RW / Polisi Banjar jajaran Polda Bali dilapangan Puputan Margarana Renon Denpasar, Kamis (10/08/2023) sore 


Kegiatan pelantikan / pengukuhan Polisi RW / Banjar tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Propinsi Bali, Pangdam IX Udayana diwakili Pamen Ahli bidang Sosbud Pangdam, Dir Potmas Korbinmas Baharkam Polri, Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum Danrem 163 Wirasatya, Para PJU Polda Bali, Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Bali, tamu undangan dan perwakilan personil Polisi Banjar se Polda Bali.


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta saat menghadiri kegitan menyampaikan bahwasanya arahan dari Kapolda Bali yaitu Polri dan masyarakat adalah dua elemen penting dalam menjaga dan memelihara stabilitas Kamtibmas upaya melibatkan masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas adalah upaya pelibatan masyarakat atau disebut dengan Polmas selain membantu tugas Polri pelibatan masyarakat juga mampu menumbuhkan rasa saling percaya dan tentunya lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat.


Upaya pemeliharaan kamtibmas tentunya lebih mengedepankan pencegahan sebelum terjadinya gangguan, maka dalam hal ini Polri berinovasi dengan membentuk program Polisi RW yang digagas oleh Kabaharkam Polri dan program Polisi RW telah di launching oleh Kapolri beberapa waktu yang lalu dan juga telah diimplementasikan oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia. 


"Program ini bertujuan untuk memelihara Kamtibmas dengan menempatkan personil Polri pada lingkup wilayah terkecil di masyarakat untuk penerapan polisi RW di wilayah Bali tentunya mengadopsi konsep kearifan lokal satuan wilayah kecil masyarakat Bali disebut dengan Banjar sehingga penerapan polisi RW di Bali disebut dengan Polisi Banjar." Ungkapnya.


Lebih lanjut Kapolda Bali menjelaskan Program Polisi Banjar merupakan wujud Binmas Prediktif yang merupakan integral semua fungsi Harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas di tiap-tiap Banjar dan pada program ini seluruh anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat Banjar dengan mendengarkan keluhan masyarakat dan bersama-sama masyarakat mencari solusi pemecahannya. Dalam Program Polisi Banjar ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan semakin mendekatkan keberadaan Polisi dengan masyarakat.


"Sampai saat ini secara keseluruhan kita sudah membentuk sebanyak 3.956 personil polisi Banjar di seluruh Bali dan personel polisi Banjar ditempatkan pada tiap-tiap banjar, kawasan udara dan pesisir yang ada di Bali sesuai dengan karakteristik dan tingkat kerawanannya." Pungkasnya


Kapolres Klungkung menambahkan untuk kegiatan Pelantikan Polisi Banjar, untuk hari perwakilan Polres Klungkung yang hadir 50 orang. Imbuhnya (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini