Iklan

Nasional

Bertepatan Dengan Sumpah Pemuda TMMD ke 115 di Kodim 1609 Buleleng Gelar Lomba Menulis Bahasa Bali

redaksi malam
Kamis, 27 Oktober 2022, Oktober 27, 2022 WIB Last Updated 2024-05-26T17:33:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Buleleng - Bertepatan hari sumpah pemuda ke....TMMD ke 115 di Desa Giri Mas Kec.Sawan Kab.Buleleng di hari ke 17 selain melanjutkan sasaran pisik juga non pisik berupa lomba menulis bahasa Bali berlangsung di gedung serba guna Desa setempat, Jumat 28/10/22.


Menurut keterangan Dansatgas TMMD 115 kodim 1609 Buleleng Letkol .Arah.Tamaji .S.,Sos.,M.l.,Pol ,bahwa lomba penulisan huruf dan bangsa Bali ini untuk menanamkan dan mencintai bahasa Bali agar para generasi penerus bangsa tidak melupakan bahasa daerahnya .


" Apalagi di momen hari Sumpah Pemuda harus dijadikan sebagai wawasan kebangsaan yang Bhinneka Tunggal Eka kepada para Generasi Muda " Terang Dansatgas 


Lomba penulisan bahwa Bali ini menyasar usia di bangku SD ini langsung dihadiri oleh Danramil 1609-07/Busungbiu selaku Pawas TMMD ke 115 Kapten Inf I Made Sudiarcana yang diwakili oleh Bati Komsos Siterdim 1609/Buleleng (Serma Kt Sunarta) Perbekel Desa Giri Emas   Wayan saputra yang diwakili oleh Sekdes Giri Emas  Kadek Muliawan, Perangkat/Staf Desa Giri Emas,Tim penilai dari Staf Penyuluhan bahasa Bali Dinas kebudayaan Provinsi Bali  Gusti Putu Hary Hermawan, Ketut Ayu Arryasih dan Ida Ayu Eka Sinta Oktariyani,Peserta dan guru pendamping dari SD 1 Sangsit ,Pesrta dan guru pendamping dari SD 1 Bungkulan,Peserta dan guru pendamping dari SD 1 Jagaraga, 

Peserta dan guru pendamping dari SD 1 Giri Emas dan Orang tua pendamping peserta.


Seijin Dansatgas disampaikan 

sambutan dari Bati Komsos Siterdim 1609/Buleleng Serma Kt Sunarta,  Program TMMD ke-115 Kodim 1609/Buleleng tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat fisik berupa pelebaran jalan dan rabat beton serta bedah rumah, namun juga kegiatan non fisik berupa lomba menulis/nyurat aksara Bali. Anak -anak peserta lomba harus semangat mengikuti kegiatan, walaupun nantinya tidak sebagai juara namun setidaknya sdh turut berperan dan sebagai pengalaman untuk mengikuti lomba lomba selanjutnya.


"  Kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD 115 Kodim 1609/Buleleng" Jelasnya .


Lomba menulis/nyurat aksara Bali ini merupakan terobosan dalam mengimplementasikan pelestarian bahasa,  aksara dan sastra Bali karena sekolah menjadi salah satu tempat untuk melestarikan keberadaan bahasa, aksara dan sastra Bali. 



Kegiatan menulis/nyurat aksara Bali sebuah pelajaran budi pekerti, karena menulis akasara Bali itu mengajarkan sikap yang baik. 


Anak-anak yang belajar aksara ini akan memunculkan aura positif dari dalam dirinya, sehingga bisa dibiaskan dalam bentuk keluarga lalu ke masyarakat.  Kegiatan lomba menulis/nyurat aksara Bali ini sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan bahasa dan aksara Bali ke depan. Dengan adanya ajang ini, maka anak-anak akan terpacu untuk belajar. Ini terlihat dari antusias anan-anak dalam mengikuti lomba. 


Lomba menulis/nyurat aksara Bali ini tiada lain juga bertujuan untuk mengembangkan bahasa,  aksara dan satra Bali di kalangan anak siswa dari sedini mungkin sehingga aksara Bali tetap ajeg dan metaksu sebagai warisan leluhur kita. 



Iskandar 


Komentar

Tampilkan

Terkini